Amazon.com yang didirikan Jeff Bezos saat ini berstatus sebagai online store terbesar di dunia. Tidak hanya berjualan, saat ini Amazon juga sukses menjadi produsen bisnis hardware dengan produk seperti pembaca buku digital Kindle dan tablet PC Kindle Fire sukses di pasaran.
Inilah Kiat sukses ala Jeff Bezos Bos Amazon, Toko Online terbesar di Dunia yang mungkin bisa dijadikan inspirasi sukses, terutama di bidang bisnis.
1. Beraksi & Ambil Risiko
Jeff Bezos
mengakui bahwa dia tidak pernah ragu untuk melakukan aksi dan tidak
sekadar berbicara. Bahkan jika apa yang ditempuhnya belum tentu
membuahkan hasil, ia akan tetap mau mencoba dan mengambil risiko.
“Jika Anda memutuskan
bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang yang Anda tahu akan berhasil
saja, Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan,” kata Jeff suatu
ketika.
Pada tahun 1994, Jeff
punya ide untuk mendirikan toko online. Dia sempat ragu apakah akan
tetap mempertahankan pekerjaannya yang bagus atau total membangun
Amazon. Ia memilih yang kedua dan akhirnya sukses. Bezos pun mengaku
mendorong karyawannya untuk terus beraksi. Terkadang mereka gagal
menghasilkan produk yang sukses untuk Amazon, namun Bezos bisa
menoleransinya.
“Kami mau untuk
melakukan perjalanan di kegelapan dan terkadang kami menemukan sesuatu
yang benar-benar bekerja,” kata dia mengibaratkan.
2. Meminimalisir Penyesalan
Bezos tidak segan
untuk bertindak karena dia tidak ingin menyesal di masa depan. Memang
mendirikan sebuah bisnis dari nol adalah ibarat sebuah perjudian. Namun
meskipun pada akhirnya gagal, ia berprinsip setidaknya sudah mencoba.
“Aku tahu jika gagal,
aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui satu hal yang mungkin
akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba,” kata pria berkepala
pelontos itu.
3. Promosi dari Mulut ke Mulut
Salah satu kunci
sukses Bezos dalam berjualan adalah promosi dari mulut ke mulut. Ketika
dia mulai membangun Amazon, Bezos tidak punya banyak anggaran untuk
melakukan promosi. Ia menilai satu-satunya cara untuk sukses adalah
melakukan pelayanan sebaik mungkin, sehingga konsumen dengan sendirinya
melakukan promosi dari mulut ke mulut yang menguntungkan Amazon.
“Jika Anda membangun
pengalaman yang mengesankan bagi konsumen, mereka akan berkata satu
dengan yang lain soal itu. Hal itu sangatlah powerfull,” tutur Bezos.
4. Utamakan Konsumen
Dalam berbisnis, tidak ada yang lebih penting dari konsumen. Karena tanpa konsumen, perusahaan akan kolaps. Prinsip ini benar-benar diterapkan oleh Bezos.
“Satu hal yang paling
penting adalah fokus secara obsesif terhadap konsumen. Tujuan kami
adalah menjadi perusahaan di bumi yang paling terpusat pada konsumen,”
sebutnya.
Bezos meyakini faktor
utama kesuksesan Amazon adalah karena mereka berusaha memberi pelayanan
terbaik bagi konsumen. Itu alasan mereka lebih baik dari kompetitornya.
“Jika ada satu alasan
kami melakukan dengan lebih baik dari rekan kami di internet dalam 6
tahun terakhir, itu karena kami berfokus pada konsumen seperti sebuah
sinar laser,” katanya mengibaratkan.
5. Inovasi tiada henti
“Yang berbahaya adalah
tidak berkembang,” tutur Bezos suatu ketika. Tampak bahwa dia tidak
ingin hanya mandek, namun terus melakukan invovasi terhadap Amazon.
Amazon awalnya hanya
menjual buku, kini perusahaan tersebut menjual banyak hal. Bahkan sukses
juga memproduksi gadget seperti Amazon Kindle Fire, tablet PC berharga
murah yang laris manis.
6. Keras Kepala namun Fleksibel
“Hal tentang menemukan
sesuatu adalah Anda secara bersamaan harus keras kepala dan juga
fleksibel,” kata Bezos. Untuk berhasil atau menemukan sesuatu, kedua hal
tersebut menurut bezos sangat diperlukan.
“Jika Anda tidak keras
kepala, Anda akan menyerah terlalu cepat. Dan jika Anda tidak
fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda suatu masalah yang
sedang Anda coba selesaikan,” jelasnya.
7. Meniru
Bezos mengaku tidak
malu atau anti untuk meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh para
kompetitornya. Kemudian menerapkannya di Amazon untuk menjadi lebih baik
lagi.
“Kami melihat para
kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka
lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal tersebut sebanyak kami
bisa,” kata dia.
8. Bekerja Keras
Untuk mencapai sesuatu
yang baik dan keberhasilan, memang diperlukan kerja keras. Hal itu juga
diyakini benar oleh Jeff Bezos. Ia mendorong orang-orang untuk
melakukan sesuatu yang besar dan membuat sejarah.Sampai sekarang pun
Bezos masih terus bekerja keras untuk mengembangkan bisnis Amazon yang
sebenarnya sudah meggurita. Ia pernah mengatakan bahwa bisnis internet
masih berada di tahap awal.
“Bekerja keraslah, have fun, dan buatlah sejarah,” tutup Jeff Bezos Bos Amazon.
No comments:
Post a Comment